Saturday, October 3, 2015

SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK
Sampah adalah sisa atau barang buangan yang sudah tidak digunakaan dan di pakai lagi oleh pemiliknya. Sampah secara umum di bagi menjadi dua yaitu sampah organic dan anorganik. Kedua samapah ini memiliki manfaat untuk kita, namun juga ada dampaknya untuk lingkungan.

sumber gambar: Google
Kali ini kita akan berbagi beberapa hal mengenai perbedaan di antara kedua jenis sampah di atas, dan juga manfaat dari masing-masing jenis sampah untuk kehidupan di muka bumi. Yuk kita bahas bersama definisi dan perbedaan sampah organic dan anorganik.
Perbedaan sampah organic dan anorganik.
1.       Sampah organic adalah limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup (alam) seperti hewan, manusia, tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara alami dan berlangsungnya cepat.

sumber gambar: Google

Contohnya : daun, kayu, kulit telur, bangkai hewan, bangkai tumbuhan, kotoran hewan dan manusia. Sisa makanan, sisa manusia, kardua, kertas dan lain-lain

2.       Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa manusia yang sulit untuk di urai oleh bakteri, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama (hingga ratusam tahun) untuk dapat di uraikan. Biasanya berasal dari sampah industry.
sumber gambar: Google

Contohnya : plastic, botol minuman miniral, besi, kacar (beling). Kain atau baju, kaleng, ban bekas, pulpen, spidol, jam tangan dan lain-lain.

Ditulis oleh : Astira Intan Vernadeina

No comments:

Post a Comment